Cara Mengajukan Permohonan Sambung Baru Listrik PLN Online

Post a Comment
wesberes - Sudah kedua kalinya saya melakukan sambungan baru listrik PLN.semua permohonan saya lakukan  via online,namun ada hal yang sedikit berbeda pada proses penyambungan kedua,dimana terjadi perubahan prosedur untuk pelanggan baru.
Untuk langkahnya sama anda cukup membuka situs PLN atau klik disini.hingga.pada menu sebelah kiri pilih menu " Pasang Baru " dan silahkan ikut prosedurnya

Jika pada proses sebelumnya cukup mengisi form online terkait data data pelanggan baru dan dilanjutkan dengan pembayaran kode registrasi yang bisa dilakukakan melalui channel pembayaran rekanan PLN seperti bank, alfamerit ataupun indomerit .sehingga pada tahap ini  juga kita sudah tidak perlu lagi mendatangi kantor PLN

Setelah pembayaran dilakukan ,kita bisa cek status pada menu status permohonan,umumnya memerlukan waktu 1 hari untuk verifikasi peryataan pembayaran telah diterima.Bila tidak ada perubahan silahkan menghubungi contact center di No 123.

Pada tahap selanjutnya adalah penyambungan dimana proses yang dibutuhkan sekitar 2 hari,kenapa demikian ? pada hari pertama petugas datang untuk survei lokasi ,untuk memastikan ketersedian jaringan utama dan mencocokkan lokasi pemohon.nah pada hari kedua inilah proses penyambungan dilakukan.

pengalaman pertama ketika prosess ini selesai anda di haruskan membayar kembali diluar biaya pasang yang di bayar sebelumnya untuk sertifikat laik operasi,sebab pemberi sertifikat tersebut bukan pihak PLN,tapi pihak rekanan PLN.untuk memastikan hal tersebut kembali saya menghubungi contact center dan dibenarkan terkait hal tersebut  namun customer service tidak mengetauhi besaran pasti yang wajib dibayar .

Pada pemasangan kedua inilah sedikit berbeda,sebelum mangajukan permohonan baru calon pelanggan diwajibkan mengurus / memiliki sertifikat laik operasi (SLO) dahulu.Nah karena pada pemasangan sebelumnya sudah satu paket jadi tidak tahu menahu ,akhirnya saya pun meminta informasi bagaimana prosess pengurusanya dan customer service memberikan informasi kontak pihak yang bersangkutan di lokasi anda,atau bisa cek disini berikut juga biayanya

Setelah dihubungi lembaga pemberi SLO datang untuk melakukan survei instalasi di rumah calon pelanggan,jika tidak ada kendala sertifikat bisa diambil di kantor keesokan harinya.Nah pada kasus yang saya alami petugas meminta instalasi arde,tadinya memang tidak tersedia.Menurut saya adanya petugas yang memastikan instalasi sudah benar merupakan suatu hal yang baik,mengingat bidang kelistrikan merupakan hal yang berbahaya jika dilakukan oleh bukan ahlinya.

Jika pada pemasangan pertama tidak jelas lembaga mana yang melakukan saya tidak bisa melacak,sebab tidak deberikan sertifikatnya.nah pada pemasangan kedua inilah saya baru mengetauhi bentuk sertifikat berikut lembaga pemberinya.pada sertifikat tersebut tertera nomer registrasi dan nomer inilah yang nanti wajib di masukkan pada form online data pemohon

Perlu diingat untuk mengajukan permohonan via online hanya berlaku untuk sambungan 1300 VA keatas dengan tercatat sebagai pelanggan prabayar,jika anda ingin melakukan permohonan sambungan dibawahnya anda harus datang ke kantor PLN dangan melengkapi salah satu syaratnya seperti SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu )







Related Posts

Post a Comment