wesberes - Hadirnya internet membawa dampak positif bagi kita semua.Transaksi apapun bisa dilakukan secara online tak terbatas waktu dan tempat.Semua transaksi jual beli perlahan tapi pasti akan beralih ke transaksi elektronik (non tunai ),hal ini dibuktikan banyaknya situs online dan pilihan pembayaran yang disediakan
Umumnya jika kita belanja di situs online luar dalam negeri cara nya sama,hanya saja ketika melakukan pembayaran mata uang yang digunakan berbeda.Untuk itu kita perlu bantuan pihak ketiga yang melakukan konversi mata uang agar transaksi bisa dilakukan
Salah satu contoh toko online yang luar negeri yang populer adalah ebay dan Aliexpress ,untuk membeli di situs ini anda tidak bisa melakukan pembayaran secara langsung melalui bank lokal .Jika belanja di Ebay anda membutukan perantara,atau disebut paymemt processor seperti Paypal.di situs ini tidak ada metode pembayaran lain seperti kartu kredit
Berbeda halnya dengan Aliexpress,situs yang berlokasi di china ini menyediakan pembayaran yang lebih fleksibel dimana juga mendukung pembayaran dari kartu kredit termasuk kartu kredit virtual (VCC).jika anda tidak memilki kartu kredit masih ada pilihan lain seperti Doku ataupun Mandiri Debit Online
Doku merupkan payment processor yang cocok bagi anda yang tidak memiliki rekening bank,sebab anda bisa mengisi saldo melalui mercant /gerai rekanan seperti alfamaret,alfamidi,dandan,lawson dan sevelin.Namun sebelum mengisi saldo pastikan anda telah memiliki akunya terlebih dahulu. untuk pembukaan akun dilakukan secara online
Bila anda nasabah bank mandiri ,maka tersedia 2 pilihan pembayaran dengan menggunakan internet banking ataupun Debit Online (Verified By Visa ).Kedua cara tersebut telah saya buktikan dan transaksi berhasil hingga barang sampai ditangan
Jika untuk prosess pembayarannya sangat mudah ,justru prosess pengembalian dana ( Refund ) yang lebih rumit.Hal ini saya alami ketika membeli barang menggunakan metode debit online.ketika barang sudah dibayar ,namun karena salah pilih tipe saya batalkan kembali.
Sistem aliexpress melakukan verifiikasi 1x 24 jam sebelum diteruskan ke penjual.Dalam masa ini ketika transaksi dibatalkan maka prosess pengembalian dana oleh sistem aliexpress cepat dilakukan dan status sistem menjadi " Finished "..Namun justru prosess pengembalian ke rekening tabungan yang membutuhkan waktu lama dan tidak bisa otomatis
Menurut informasi yang beredar di internet,prosess pengembalian otomatis dan membutuhkan waktu 14 hari kerja.Mungkin permasalahan seperti ini bisa berbeda antar pengguna yang lain.Ternyata yang saya alami tidak demikian,setelah menunggu 14 hari dana belum juga masuk ke rekening
Untuk memastikan saya mencoba menelpon customer service di 14000 untuk melaporkan permasalahan tersebut.Customer service via telp tidak bisa membantu dan disarankan mendatangi kantor cabang bank mandiri terdekat dengan membawa kartu identitas yang berlaku beserta buku tabungan
Ketika di kantor saya menceritakan kembali permasalahan tersebut ke petugas bank namun tidak semua customer service paham akan permasalahan ini ,oleh kerena itu saya diminta menuliskan kronologis detail permasalahan pada form laporan keluhan nasabah.
Setelah semua itu,saya diberikan copy form tersebut berikut juga nomer pengaduan dan diminta datang kembali bila permasalahan tersebut belum selesai hingga 14 hari kerja kedepan.Pada hari ke 7,saya cek kembali melalui mutasi internet banking alhamdulillah dana telah kembali ke rekening
Catatan.
Saat artikel ini ditulis saya belum pernah mencoba dan mengetauhi perbedaan antara alipay wallet yang terverifikasi dan belum.Oleh karena itu untuk menghindari hal tersebut sebelum prosess pembayaran dilakukan pastikan dengan benar barang yang akan dibeli telah sesuai,sehinga tidak perlu melakukan prosess refund
Mau tanya untuk proses refund nya itu, saat komplain ke mandiri, apa diberitahu kemungkinan dana masih tertahan di visa,, kalau memang iya.
ReplyDeletemudah-mudahan kasus yang serupa yang masih dialami saya, semoga dana segera sampai ke rekening bank
Pihak bank,tidak menyatakan apapun terkait keberadaan dana,karena perlu di lakukan pengecheckan terlebih dahulu, namun yang pasti ketika kita melakukan laporan dan menceritakan kronologis secara tertulis maka keluhan anda segera di proses,anda akan diberikan tiket.estimasi 2 minggu dana anda akan langsung masuk ke rekening tabungan dan tanpa ada pemberitauhan,jika masih belum masuk dalam batas waktu yang di janjikan silahkan mendatangi bank kembali dan menginformasikan nomer tiketnya
DeleteHal ini juga saya alami. Transaksi dibatalkan tanggal 6 Oktober. Sekarang 30 Oktober, uang belum kembali ke rekening. Saya coba telpon ke Mandiri tapi tidak bisa membantu. Saya malah disuruh hubungi online storenya yang mana sudah mengembalikan dana tanggal 6 Oktober.
ReplyDeleteBerapa lama dari sejak dibatalkan sampai uang kembali ke rekening? Apakah memang sebaiknya saya harus ke Bank Mandiri?
Seperti yang tuliskan di atas,menelpon CS untuk kasus seperti ini tidak bisa menyelesaikan apapun,karena tidak semua paham yang anda maksud.silahkan datang ke bank saja,dengan membawa ktp dan buku tabungan,disana akan di berikan form aduan,silahkan di isi berdasarkan kronologis secara lengkap.anda akan diberikan copy form dan nomer tiket,simpan.estimasi proses membutuhkan waktu 14 hari kerja dana akan masuk kembali kerekening tanpa ada pemberitauhan,jika belum selesai silahkan datang kembali ke bank dengan menginformasikan nomer tiket anda
Deletemalam kak saya juga mengalami hal yang serupam untuk kronologisnya apa aja yang harus diisi kak, saya bingung menulisnya, Terima Kasih
ReplyDeleteJelaskan nama barang yang di beli,tanggal pembelian,harga yang di tagihkan dalam rupiah,alasan pembatalan seperti salah pilih,waktu jeda antara pembayaran dan pembatalan,informasi transaksi terakhir dari aliexpress.pastikan sistem aliexpress transaksi selesai berhasil di cancel
Deleteterima kasih kak atas penjelasannya, statusnya kmrn di aliexpress fund processing skrg sudah finish, apa itu artina ali express sudah mengembalikan uangna ke bank kak?
ReplyDeleteYa,silahkan datang ke kantor cabang mandiri,ceritakan ke cs bank kejadianya.bila cs tidak paham silahkan tunjukkan artikel ini untuk refrensi
Deletehallo mas suyadi.
ReplyDeleteapakah kita bisa minta bukti refund ke pihak aliexpress? supaya buat tambahan bukti kita ke pihak bank mandiri.
Terima Kasih..
Untuk bukti belum pernah saya coba,karena tidak sampai mengalami demikian,namun bila petugas meminta bukti bisa coba tunjukkan transaksi pendukung
Deletepermisi. saya melakukan pembayaran dengan kartu kredit. namun blum 1x24jam sudah saya batalkan . limit kartu kredit saya sudah terpotong. apa yg harus saya lakukan kak
ReplyDeleteSepertinya untuk kartu kredit lebih mudah di kembalikan,silahkan di tunggu saja 14 hari.Jika belum ada pengembalian datangi bank penerbit kartu kredit dan silahkan bikin laporan kronologisnya
Deletehallo kak, saya mau nanya. saya pernah cancel orderan dan seller sudah mengembalikan uang saya, tpi sampai skrg uang blm juga masuk ke rekening bank saya. bank saya niaga, dan saya sudah ke bank dan di cek'kan oleh cs memang belum masuk. tanpa cs tersebut bertanya seperti apa detail kronologisnya. dan dari aliexpress telah memberitahu saya bahwa seller sudah mengwmbalikan uang saya dlm kurung waktu 24jam. saya order tgl 31mei dan sampai saat ini uang blm jg masuk. saya sudah tanyakan trs dari cs aliexpress pertama saya disuruh menunggu 15 hari kerja namun uang blm jg masuk, saya tanyakan lagi saya harus menunggu lagi 3-5 hari kerja dan tetap tidak mendapatkan uang saya kembali, mereka akan mengirimkan email dalam waktu 24jam, dan terakhir saya chat dgn cs aliexpress kemarin siang. jadi saya harus bagaimana ? tolong bantuannya. terimakasii
ReplyDeleteapakah qm sudah mendapatkan uangnya
DeleteSaran saya tetap hubungi pihak bank saja,biar mereka yang follow up ke ( visa / mastercard) ,ketika transaksi di bawah 24 jam ,tidak benar benar di terima aliexpress atau masih belum pindah tangan,tapi disisi kita saldo tabungan sudah terpotong.berikan info sedetail mungkin terkait transaksi ,tidak semua CS bank paham masalah seperti ini
ReplyDeletekemarin sudah kw pihak bank dan csnya hanya mengecek biasa, tanpa tnya detail kejadian dll. kalo saya harua ke bank lagi apa yg harus saya katakan kak ? kemungkinan besar csnya akan seperti itu, memang sepertinya csnya tidak mengerti. saya sedang meminta bukti email dari aliexpress soal refund tapi blm di kirim" ke saya. ada saran kak saya harus membawa atau bicara seperti apa ? terimakasii
DeleteDiinfokan kembali bahwasanya dana belum refund belum masuk rekening,tanyakan progress bank seperi apa?minta ticket keluhan pelanggan ,biar kalo datang ke bank tidak perlu menjelaskaN berulang ulang,coba juga hubungi cs via official web bank
Deletepunya saya setelah 10 hari status masih "refund processing"
ReplyDeleteorder menggunakan debit visa juga
menurut pengalaman diatas untuk status menjadi "complete" spertinya tidak membutuhkan waktu lama, tapi keanapa punya saya lama ya
case yang saya alami,dana tersebut belum benar benar berpidah dari visa ke aliexpress karena belum sampai 24 jam.informasinya dana tersebut barulah berpindah setelah melewati proses verifikasi (24 jam)
DeleteSilahkan hubungi customer service aliexpress dan sampaikan keluhan agan
minggu kemaren saya sudah lapor ke mandiri
Deletetapi kenapa cs nya bilang nunggu max 75 hari ya, sedangkan diatas pengalaman sampean 14 hari
kalo sampai 75 hari belum pernah mengalami,coba saja dulu sering kontak aliexpress apakah prosesnya lama ataukah dari visa nya yang lama.memang kendala kita ada di visa dan tidak tahu contact yang bisa di hubungi bagaimana progressnya tidak bisa dipantau.saya yakin dana tersebut akan kembali namun harus extra ribet dan perlu kerja keras.
DeleteSudah bikin laporan ke bank 4 hari lalu tapi cek mutasi kok refund belum masuk juga.. Tapi emang harus seperti ini ya, kalau ada refund Aliexpress pake debit mandiri visa, ga otomatis ya.. saya sudah lebih dr sebulan sejak status refund complete di Aliexpress belum masuk juga dananya. Cs Bank mandiri juga ga nyambung masalah refund ini.. ga ngerti dia.. malah ngotot nyuruh kontak ke Alinya, padahal nyangkut di visa nya kan ini..
ReplyDelete2 minggu prosesnya,dan tidak ada notifikasi
Deletesaya sama juga ngalamin masalah seperti di atas om, kemaren sudah berhasil bayar menggunakan VCN bni, setelah nunggu proses prefikasi 14 jam,ternyata dibatalkan oleh aliexpress,dengan alasan sistem keamanan, saat ini status nya masih REFUND PROCESSING, itu apakah di tunggu dulu prosesnya atau hubungi bank bni nya om
ReplyDeletesaya tidak punya pengalaman seperti kasus agan,saran saya ditunggu saja dulu dari aliexpress status process refund selesai,kalopun belum masuk barulah lapor ke bank
Deletegan gimana balik ga ya refund vcn bni?
Deletesaya ga sengaja cancel order, status sudah finish. pembayaran yg saya pakai via doku wallet, apa ada yg tau gimana proses refund di doku wallet? terimakasih
ReplyDeletestatus ordreran saya dari tanggal 13/9 tetap "waiting for pick up", sudah saya tanyakan seller berkali2 tapi jawaban ga memuaskan. lalu tadi tanggal 25/9 tiba2 cancelled. itu bagaimana? apa saya langsung open dispute? atau otomatis dana akan dikembalikan? sudah coba tanya seller belum dijawab. kalau seller mengirim kembali apa protection akan berubah mengikuti tanggal baru??
ReplyDeleteMalam sista... Saya melakukan transfer pembeluan brg dr BNI. BRG saya tdk diproses oleh penjual. Sy sudah melapor ke CS Aliexpress. Sy menanyakan apa sy perlu melaporkan no rekening bank sy? CS aliexpress mengatakan, tidak perlu jrn msk ke akun ali express sy. Yg sy mw tanya sis... Apa memank uangbitu ditransfer kembali ke rekening sy tanoa sy perku memberitahu no rekening bank sy. Mihon infonya. Thc
ReplyDeleteNo tlfn cust service aliexpress berapa gan ? Sy ada masalah sama pengiriman barang, cancel otomatis krn seller tidak mengirim barang sesuai waktu yg di tentukan, sy pembayaran nya pakai atm transfer bank bri...sy sdh dtng ke bank bri msh proses pengajuan keluhan nya
ReplyDeletecontact customer servicenya hanya melalui situsnya.kalo cancel otomatis dana akan refund otomtis juga selama sistem aliexpress menyatakan dana telah dikembalikan.sya pernah bermasalah dengan seller dan minta refund sistem aliexpress menyatakan refund juga dan tanpa saya lapor ke bank ternyata dana kembali dalam 2 bulan
DeleteKalau saya overpayment di aliexpress sampai 3x karena mbanking saya error..setelah saya cek ternyata saldo terpotong 3x.. bagaimana cara saya meminta pengembalian pembayaran saya??
ReplyDeleteKalau saya overpayment di aliexpress sampai 3x karena mbanking saya error..setelah saya cek ternyata saldo terpotong 3x.. bagaimana cara saya meminta pengembalian pembayaran saya??
ReplyDeleteHalo kak ,gmn caranya saya mendptkan refund u pembelanjaan dialiexpress.saya sdh transf ternyata brg sdh habis .saya melakukan pembayaran lwt doku alfamrt.
ReplyDeletesaya sudah trnsfer mellalui bnk bca ,apakah klo kita cansel pesanan uang kita akan otomatis masuk ke bnk bca kita?
ReplyDeletesaya mempunyai keluhan yg sama , saya transfer dari bank bca ,membeli barang trus saya cansel dalm 4 hari karna gk di proses2, pihat penjual juga mnyuruh sya meng cansel pembelian dngan alasan lain lain,salah sya cansel 3hari kemudian sya tnya aliexpres ktanya uangnya sudah di kembalikan ke tp sya tidak menerima nya di rekening sya ,apa yg sya harus lakukan?
ReplyDeletesaya open dispute karna barang sudah 31 hari tidak bergerk track no nya sy cek singapore post tidak valik saya bayar via alfamart untuk kembali uanggya gmna mkasih mohon bantuannya
ReplyDeleteHai kak klo aku bayarnya lwat alfamAlf trus refund nya gimana ya? Kata customer servicenya refund complete tp aku bingung masuk kemana refund nya? Ak dikasih no.referensi refund jg sama ali Expres. Sama dikasih email ebanx. Entah apa itu aku jd bingung. Adakah yg bisa menjelaskan?
ReplyDeleteSama terjadi pada saya.
DeleteMana saya beli jumlah banyak.
Hi saya bayar melalui alfamart dan debit dan pembayaran sudah berhasil tapi status diseller menunggu pembayaran sampai habis masa tunggu bayar dan orderan dicancel. Bagaimana pengembalian dana di debit dan alfamart ya.mohon solusi
ReplyDeleteSaya melakukan pembayaran via Indomaret dg kode brg pesanan yg di Aliexpress, lgsg bayar via kasir tanpa lewat Doku, dll. Celakanya setelah di lakukan pembayaran malah blm ada konfirmasi pesanan di pihak Aliexpress maupun penyedia barang, mohon pencerahannya kira2 gmn caranya refound uangnya?
ReplyDeleteMohon masukannya bosque..
ReplyDeletekl saya status refund dari aliexpress sudah "finished" dari tanggal 16 Juli 2020, sampai dg tgl 5 agustus 2020 dana tersebut belum masuk ke rekening (bank bri)..
Mohon solusinya bosque🙏