Solusi Atasi Gagal Aktivasi Mandiri Mobile Banking

Post a Comment
wesberes - Sebagai nasabah bank mandiri ,adanya applikasi mobile banking mandiri tentu sangat terbantu.Banyak transaksi seperti pembayaran,pembelian ataupun sekedar cek saldo yang bisa kita lakukan sendiri (self services) melalui applikasi ini.Semuanya menjadi mudah dan praktis ,tidak perlu ke mesin ATM atau ke kantor cabang hanya untuk cek ini dan itu


Namun dibalik kemudahan itu ,banyak juga calon pengguna yang mengalami kesulitan dalam hal aktivasi applikasi ini.Proses ini mutlak dibutuhkan dan tidak bisa di lewati ,bahkan sekalipun anda datang ke bank untuk meminta bypassnya.

Hal ini saya rasa wajar sebab disinilah letak keamanan sistem dari applikasi tersebut,sehingga tidak mungkin applikasi terpasang dan bisa dijalankan pada dua perangkat seluler (smartphone) dengan nomer yang sama.ini artinya applikasi,untuk satu nomer hanya boleh digunakan pada satu perangkat,jadi ketika anda memindahkan nomernya saja ke perangkat lain,maka akan menolak login anda.

Jika permasalahannya demikian ,maka yang anda harus lakukan adalah mencopot applikasi tersebut dan mengunduhnya kembali melalui perangkat dengan koneksi data dari nomer yang didaftarkan dan melakukan aktivasi.

Untuk alur prosessnya adalah,ketika anda menombol menu aktivasi, applikasi akan meminta perangkat melakukan komunikasi dengan mengirimkan sms ke server bank mandiri,ketika server menerima sms dari nomer yang valid /nomer yang didaftarkan untuk sms banking / mobile banking ,server memberikan feedback kembali ke applikasi,berupa halaman lanjutkan untuk pembuatan password login .

jika proses tersebut tidak benar maka anda akan menerima laporan berupa sms dari 3355 bahwa nomer tersebut tidak terdaftar dan applikasi memunculkan notifikasi error "error 103 transaksi gagal, saat ini tidak dapat di akses coba beberapa saat lagi "

Nah pada kesempatan kali ini saya berbagi pengalaman dan Solusi Atasi Gagal Aktivasi Mandiri Mobile Banking,masalah ini saya alami pada perangkat android yang berbeda dan solusinya juga sedikit berbeda.saya akan mencoba membedakan berdasarkan perangkat android yang saya gunakan,perlu diketauhi juga keduanya sudah menggunakan dual SIM .Namun sebelum itu ada beberapa hal yanng harus anda patuhi terlebih dahulu,seperti dibawah ini

  • Pastikan nomer hape anda telah terdaftar dalam sistem bank mandiri sebagai pengguna mobile banking /sms banking
  • pastikan cukup pulsa,applikasi akan mengirimkan sms ke server (ada biayanya lho ...)
  • Pastikan kuota data cukup,
Android Cross A7S,
ini adalah smartphone pertama kali saya menginstall applikasi dan ini.tidak diketauhi mobile banking versi berapa yang saat itu digunakan. pertama kali aktivasi selalu gagal hingga baru deketauhi penyebabnya setelah berkali kali di coba dan beberapa poinnya disini

  • Aktivasi gagal karena nomer yang didaftarkan ada di slot SIM 2,ini saya lakukan karena untuk nomer ini tidak ingin didaftar kan paket data,saya khususkan untuk panggilan dan sms saja
  • Solusinya pindah ke Slot SIM 1 dan prosess pengunduhan data juga harus dari nomer yang didaftarkan (mutlak)
  • Applikasi bisa dijalankan dengan koneksi wifi namun tetap dengan syarat nomer tersebut berada di slot SIM 1,ketika tidak menggunakan saya kembalikan ke slot SIM 2
Android Lenovo A6000,
Pada smartphone ini aktivasi justru kebalikan dari smartphone diatas,ketika saya mencoba memindahkan ke slot SIM 1  laporan yang didapat nomer justru nomer tidak terdaftar dan akhirnya mengembalikan ke slot SIM 2 barulah berhasil sehingga beberapa poin yang didapat adalah
  • Applikasi meminta nomer yang didaftarkan berada di slot SIM 2,tidak menjadi masalah ketika data yang dipakai dari wifi ataupun paket data dari slot SIM 1 bahkan untuk pengunduhan dan transaksi
  • Applikasi kembali bermasalah ketika saya mengganti dengan SIM 4G,login ditolak
  • Mencoba menginstall ulang dan aktivasi dengan memindah mindahkan slot hasilnya masih gagal
  • Solusinya,nomer yang terdaftar tetap berada di Slot 2 dan deaktivasi slot SIM 1 ,tidak perlu dilepas
  • Lakukan install ulang dan aktifasi dan akhirnya berhasil
  • Applikasi dapat berjalan lancar dangan nomer yang terdaftar tetap berada di slot  SIM 2 dangan koneksi data dari wifi ,slot SIM 1 atau 2
Nah itulah sedikit pengalaman dari saya,tidak diketauhi secara pasti manakah yang menjadi penyebabnya,entah apakah itu berasal dari applikasi,sistem android,operator selular,ataupun banknya.Namun langkah diatas tidak ada salahnya dicoba,mungkin saja berhasil mungkin juga tidak ,mungkin juga berbeda cara sebab banyak faktor penyebabnya.selamat mencoba semoga berhasil

Related Posts

Post a Comment